Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup atau CV

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup


Hal yang harus Anda pahami sebelum membuat daftar riwayat hidup adalah struktur isi didalamnya serta segala informasi-informasi mengenai diri Anda. Baik itu biodata, pendidikan formal dan non formal, pengalaman kerja, organisasi yang pernah Anda ikuti, serta prestasi yang pernah Anda raih selama hidup Anda.

1.Sampaikan Informasi yang Benar dan Lengkap

Hendaknya Anda mengisi segala informasi yang benar bengenai diri Anda tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih. Segala informasi yang Anda berikan akan ditanyakan kembali kebenarannya pada tahap interview atau wawancara kerja nantinya, jika Anda lulus dalam seleksi berkas.

2. Sampaikan Informasi yang Lengkap

Cantumkan nama, alamat, status pernikahan (jika Anda sudah menikah), kemampuan-kemampuan serta skill yang Anda miliki, latar belakang pendidikan (formal dan non formal) dan juga informasi-informasi tambahan lainnya yang bisa menjadi acuan dan menunjang profil Anda di mata staf personalia atau HRD. Misalnya pelatihan yang pernah diikuti, kursus atau pengalaman organisasi.

3. Mudah Dibaca

Pastikan surat lamaran kerja Anda terorganisir, trstruktur dan mudah dibaca. Gunakan jenis dan ukuran font standar agar HRD nyaman dan jelas membacanya. Setiap paragraf jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Pastikan Anda menulis kalimat yang baik dan benar serta tidak diulang-ulang.

4. Teliti Sebelum Mengirim

Sebelum mengirimkan daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja, periksa terlebih dulu keseluruhan resume Anda, dan jangan sampai ada yang salah tulis atau salah ejaa. Jika melamar pekerjaan melalui email atau situs lowongan kerja, Anda juga perlu periksa ulang data-data pribadi Anda di dalamnya.

5. Sertakan Informasi Tambahan yang Mendukung

Sertakan pengalaman kerja dan kemampuan Anda yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang sedang Anda lamar, bisa juga prestasi yang pernah Anda raih untuk menunjukkan keseriusan dalam melamar kerja.

6. Daftar Riwayat Hidup Maksimal 2 Halaman

Buat Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup maksimal hanya dua halaman dan itu sudah mencakup semua informasi inti tentang diri Anda.

7. Subjek Jelas

Jika mengirim surat lamaran lewat Email, pastikan subjek yang Anda cantumkan jelas (misalnya: "Teller (TL)"). File attachment juga harus jelas dan seringan mungkin.

Poin diatas merupakan tips yang dapat saya sampaikan dalam membuat daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV). Tips diatas tidak mutlak adanya, Anda dapat menambahkan atau menguranginya sesuai dengan kebutuhan serta kualifikasi yang diminta oleh perusahan.


Download Contoh Daftar Riwayat Hidup ( CV )

4komentar:

  1. .: Artikel yg sangat bermanfaat kawan, mudah2an membantu bagi yg membutuhkan...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kawan
      amin yarrabal'alamin
      selamat pagi sobat selamat beristirahat sukses selalu

      Hapus
  2. Wah tips yang bermanfaat nih kawan... maksih udah share ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kawan smoga bermanfaat untuk anda

      Hapus