Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar

Ditulis oleh: -
Content adalah raja. Kutipan ini bukan hanya isapan jempol belaka, tapi benar adanya. Sebuah blog atau website tentu tak lepas dari yang namanya content. Content merupakan point penting untuk menggaet visitor
atau pengunjung ke blog/website kita. Logikanya, semakin banyak dan semakin bagus content yang ada di blog kita, semakin banyak pula jumlah traffic / visitor yang akan berkunjung ke blog atau website kita. Content tidak hanya berfokus pada satu bidang, content bisa bermacam-macam. Salah satu content yang paling penting dalam sebuah website / blog adalah artikel.
Nah, pada postingan di Forum kali ini saya akan mengulas bagaimana cara menulis artikel yang baik, langsung aja ya:
1. Buat Judul atau Headline artikel yang kreatif dan menarik. Judul atau headline artikel yang menarik akan memungkinkan pembacanya merasa penasaran dengan keseluruhan isi dari artikel tersebut. Jangan hanya terpaku pada keyword saja, keyword memang penting tapi justru hal itu akan mengurangi nilai dari artikel tersebut. Usahakan juga buat se-provokatif mungkin sehingga lebih meninggalkan kesan penasaran ke pembacanya.

2. Gunakan paragraph , Justify ( rata kanan-kiri), bullet atau pendukung lainnya sehingga artikel yang ditampilkan terlihat rapi. Jika perlu pergunakan juga penulisan dengan format Bolt ( huruf tebal ), italic ( huruf miring ) ataupun Underline ( garis bawah ) pada kalimat atau kata-kata yang di anggap penting. Jangan lupa juga beri jarak antar paragraph sehingga tulisan artikel tidak tampak berdesakan.

3. Buatlah artikel yang isinya dapat mebuat pembacanya merasa terkesan dan seakan-akan dia yang mengalaminya. Gunakan metafora dan deskripsi yang jelas, jangan berlebihan. Apabila di butuhkan gunakan gambar untuk mendeskripsikan sehingga pembaca lebih mudah untuk mencernanya

4. Gunakan istilah dan tata bahasa yang mudah dicerna. Tata bahasa yang berbelit-belit biasanya akan membuat pembacanya merasa bosan karena tidak langsung ke pokok persoalan yang mereka butuhkan. Untuk Penggunaan istilah baru atau yang kurang umum hendaknya diberi penjelasan tambahan berupa kurung buka dan kurung tutup sehingga pembaca menjadi lebih mengerti dengan apa yang dimaksud.

5. Nah yang terakhir merupakan point penting nich, Tulislah artikel yang merupakan hasil dari kreatifitas dan idea sendiri jangan hasil copy paste. Hasil copi paste biasanya mengurangi nilai kredibilitas blog kita di mata pembaca. Kesannya mungkin seperti ini “ kalau cumin copy paste saya pun juga bisa posting seperti itu “. Kalau mau mengcopy usahakan jangan keseluruhan, tapi carilah point-point yang kalian anggap penting saja kemudian tulislah dengan gaya bahasa kalian sendiri.
Dari semua point di atas, menurut kalian sudahkah saya menulis dengan baik dan benar? Hehe. Untuk menjadi seorang Good Writer diperlukan latihan dan ketekunan terus menerus. Sering-seringlah membaca sebuah buku ataupun media lainnya. Dari situ kita bisa belajar bagaimana cara menulis artikel yang baik. Hanya itu saja ya, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

0 komentar "Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar